Selasa, 18 November 2014

Keindahan Bawah Laut Wakatobi

Surga Nyata Bawah Laut ada di Wakatobi, Indonesia - Terindah di Dunia

Keindahan Bawah Laut Wakatobi

Sejuta Keindahan Alam Bawah Laut Di Wakatobi
Surga nyata bawah laut merupakan julukan yang diberikan kepada kawasan Taman Nasional Wakatobi. Berada di pusat segitiga karang dunia (The heart of coral triangle centre), Wakatobi memiliki kekayaan sumberdaya laut yang melimpah dan eksotik. Air laut yang sangat jernih, terumbu karang yang mempesona dan dihuni oleh beragam hewan laut seperti ikan paus, ikan duyung, ikan lumba-lumba, ikan napoleon dan berbagai jenis ikan hias lainnya serta berbagai jenis tumbuhan lautnya layaknya sebuah taman di lautan. Selain itu, pantainya yang elok
dengan dihiasi pasir putih membentang menyempurnakan keindahan kepulauan wakatobi. Kecantikan Wakatobi inilah yang selalu memberi kesan tak terlupakan bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya. Dan sudah banyak yang mengakui bahwa Taman Nasional Wakatobi merupakan taman laut terindah dan terumbu karang terbaik di dunia.
Kecantikan terumbu karang dengan ikan-ikannya menjadi daya tarik utama dari wisata di Sulawesi Tenggara ini.

Spesies Laut Wakatobi

Terumbu Karang Wakatobi




Lokasi Wakatobi
Kabupaten Wakatobi termasuk di provinsi sulawesi tenggara dengan ibukota bernama wangi-wangi. Sejak tahun 1996 wakatobi menjadi kawasan taman nasional dengan luas mencapai 1,39 juta hektare. Nama dari wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko.

Keindahan Alam Bawah Laut Wakatobi

Keindahan Terumbu Karang Wakatobi
Jika sobat akan menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat yang satu ini, sebaiknya sobat sudah menguasai teknik diving terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tujuan utama wisata di wakatobi adalah menikmati sejuta keindahan alam bawah laut. Keindahan yang dapat ditemukan disini adalah hamparan terumbu karang yang sangat luas dengan topografi berwarna-warni. Selain itu di wakatobi ini terdapat 750 spesies koral. Dan perlu diketahui didunia ini terdapat 850 koral, jadi tak salah jika alam bawah laut di wakatobi ini adalah terindah didunia. Wakatobi memiliki kedalaman yang bervariasi, tempat yang paling dalam mencapai 1.004 meter. Bukan hanya terumbu karangnya saja yang menarik di alam bawah laut wakatobi. Puluhan jenis ikan dan beberapa jenis burung laut serta penyu juga menjadi daya tarik sendiri di alam bawah laut wakatobi. Menariknya lagi ketika bulan november, perairan wakatobi memiliki tamu spesial. Tamu tersebut bukan dari kalangan pemerintah atau yang lainya melainkan beberapa kawanan ikan paus sperma.
Selain menyelam, snorkeling ataupun berenang sobat juga bisa mengunjungi perkampungan warga. Masyarakat di sekitar taman nasional bunaken dikenal dengan suku bajau. Hal menarik dari suku bajau adalah kebiasaan mereka yang menyelam tanpa peralatan dan keahlian mereka dalam menombak ikan. Jika sobat ingin menginap di wakatobi, sobat bisa menuju ke homestay  yang dikelola masyarakat setempat. Biasanya mereka memasang tarif 50 ribu/ malam.

Jalan Menuju Wakatobi
Untuk menuju wakatobi dapat ditempuh dari jakarta atau surabaya dengan pesawat terbang dengan tujuan makasar. Dari makasar dilanjutkan ke kendari kemudian ke baubau. Dari baubau perjalanan dilanjutkan ke wanci. Untuk menuju pulau lain dapat ditempuh dengan menggunakan perahu sewaan atau speed boat.

Pulau Hoga

Informasi lebih lanjut hubungi :
Kantor Balai Taman Nasional Wakatobi
Jl. Dayanu Ikhsanudin 71 Bau-Bau Sulawesi Tenggara 93724
Telp/Fax : +62402 2825652

Tidak ada komentar:

Posting Komentar