Rabu, 21 Januari 2015

Pulau yang Bertabur Gua- Wakatobi


Selain memiliki keindahan alam bawah laut yang tak terbantahkan, ternyata masih ada lagi daya tarik yang dimiliki Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Daerah ini dihuni 12 gua alam cantik pemilik sumber mata air tawar. Wow!
Kalau ditanya tujuan setiap turis yang datang ke Wakatobi, mungkin kebanyakan akan menjawab untuk menyaksikan kekayaan sumberdaya laut yang melimpah dan eksotis. Air laut yang bening, terumbu karang yang memesona, dan aneka hewan laut cantik memang menjadi magnet kuat Wakatobi.
Lebih dari itu, Wakatobi juga memiliki pantai yang elok nan memikat mata. Keindahan pantai pun semakin sempurna dengan hamparan pasir putih yang terbentang luas di sepanjang pulau. Pesona dan daya tarik keindahan alam Wakatobi itulah yang selalu memberi kesan mendalam bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya.
Ternyata keindahan Wakatobi tidak sampai situ, masih ada tempat wisata lain yang tak kalah indah dan harus Anda kunjungi. Tempat-tempat ini adalah Pantai Mata Air Seratus.
Adalah Pantai Moli Sahatu yang disebut Pantai Mata Air Seratus. Pantai ini cukup unik karena memiliki sumber mata air yang bercampur dengan air asin. 
Tidak hanya itu, masih ada atraksi wisata alam lain yang tak kalah menarik di Wakatobi, yaitu 12 gua alam yang tersebar di berbagai sudut dalam Kota Wanci, ibukota Kabupaten Wakatobi. Gua-gua ini telah lama  menjadi sumber mata air tawar bagi penduduk di Pulau Wangiwangi. Beberapa gua sumber mata air tersebut antara lain Gua Lasa, Gua Tee Kasapi, dan Gua Konta male.
Menariknya, gua-gua tersebut ada yang sebagian berada tepat di bawah jalan raya. Namun ada pula yang persis berada di bawah bangunan rumah penduduk.
Salah satu gua yang posisinya berada di tepi jalan adalah Gua Lasa. Gua yang berada di tepi Jalan Poros Kota Waci ini adalah satu dari sekian gua-gua alami ,yang tersebar di beberapa tempat di Kecamatan Wangiwangi.

 
Gua Lasa sudah sejak lama dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencucui. Bahkan sejak lama, air milik gua ini digunakan masyarakat sekitar untuk kebutuhan air minum warga. Namun, seiring berjalannya waktu, kualitas  air yang ada di beberapa gua semakin buruk, karena warga menggunakan untuk mandi dan mencuci pakaian.
Bisa dibilang, Gua Lasa adalah salah satu gua yang paling luas berada di Desa Waetuno, dan telah dijadikan sebagai sumber air minum PDAM untuk mensuplai kebutuhan air penduduk kota Wanci.    
Jika masuk ke dalam, terlihat beberapa bagian gua yang asri dan rindang dinaungi oleh pohon-pohon besar, membuat kawasan gua menjadi teduh. Bahkan beberapa lokasi gua telah ditata dengan rapi dan nyaman. Hal inilah yang membuat setiap pengunjung menjadi senang berlama-lama dan menikmati suasananya. 
Kalau saja Anda punya waktu lama berada di sana, pasti sangat asyik menceburkan badan dan merasakan air di setiap lokasi gua.
Mengunjungi Wakatobi akan semakin lengkap bila bisa sambil mengelilingi Kota Wanci. Apalagi kalau memiliki kesempatan mengunjungi beberapa gua air tawar tersebut, sambil mengusapkan dinginnya air gua yang jernih dan dingin. Segar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar