Minggu, 28 Februari 2016

 Kabuto Khas Sulawesi Tenggara

7 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal
Kabuto Khas Sulawesi Tenggara
Kabuto merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang terdapat di daerah Muna dan Buton, Makanan ini terbuat dari bahan dasar ubi kayu atau singkong yang telah dikeringkan dan dibiarkan berjamur. Dalam jangkau lama disimpan dalam keadaan kering maka akan makin enak rasa dan aroma makanan ini kala disantap. Untuk menambah gurih biasanya dicampur kelapa parut dan ditambah menu ikan asin goreng sebagai lauknya.



Dari segi tampilan, Kabuto hampir mirip dengan sajian Gathot, makanan khas dari daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Dikarenakan kedua jenis masakan ini menggunakan ketela atau singkong yang terlebih dahulu dikeringkan melalui proses penjemuran dibawah sinar matahari, baru selanjutnya di masak. Proses pengeringan diyakini sebagai salah satu penyumbang aroma yang lezat kala disantap, sehingga rasanya pun menjadi lebih gurih dan lezat.

Selanjutnya, perbedaan justru terletak dari citarasa asin sebagai bumbu pelengkapnya. Jika gathot setelah diberi parutan kelapa ditaburi garam, sedangkan kabuto sendiri setelah diberi parutan kelapa dicampur dengan ikan asin goreng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar